Tanya Jawab tentang Palestina

Ikon

kebenaran pada akhirnya akan terungkap

Sebuah panduan sederhana untuk konflik Israel-Palestina di Gaza

Yang sekarang sedang berlangsung adalah perang dan krisis kemanusiaan di Gaza yang telah mengakibatkan kematian lebih dari 500 orang dan lebih dari 2000 orang cedera hanya dalam waktu satu minggu. Hal ini juga langsung mempengaruhi kehidupan lebih dari 1,4 juta orang.
Sayangnya, banyak media Barat belum memperhatikan situasi ini, atau menerima begitu saja sudut pandang Israel tanpa melihat kaitannya dgn krisis kemanusiaan dan meningkatnya angka kematian. Saran saya kepada orang-orang di barat (dan khususnya Amerika Serikat) adalah untuk mencoba mencari variasi berita. Gunakan aggregators otomatis seperti Google News untuk membaca berita. Membaca/Menonton sumber berita internasional seperti BBC News, AlJazeera dalam bahasa Inggris.
Berikut ini adalah panduan sederhana tentang konflik ini:
  • Apakah Gaza? Istilah Gaza merujuk baik ke Jalur Gaza atau Gaza City.
  • Jalur Gaza: Jalur Gaza adalah jalur kecil dari daratan di sepanjang Laut Tengah antara Israel dan Mesir. Total wilayah Jalur Gaza yang adalah 360 kilometer persegi (139 mil persegi) yang kira-kira dua kali ukuran Washington DC.
  • Kota Gaza: Kota Gaza adalah kota terbesar di Gaza.
  • Penduduk: Jalur Gaza yang dihuni oleh 1,48 juta orang. Daerah kecil ini mempunyai populasi yang sangat padat. Hampir setengah dari jumlah penduduk di Jalur Gaza adalah anak-anak di bawah usia 14 tahun.
    Berikut adalah beberapa peta dalam konteks ini:

Peta Israel / Palestina Peta Jalur Gaza

  • Pendudukan: Sebelum 1948, di Jalur Gaza merupakan bagian dari Mandat Inggris untuk Palestina. Setelah 1948 perang yang menyebabkan penciptaan negara Israel, Jalur Gaza berada di bawah pemerintahan Mesir. Direbut Israel pada tahun 1967 atas jalur gaza sampai dengan tahun 2005.
  • Pemukiman: Israel membangun pemukiman di Jalur Gaza dari tahun 1967 hingga tahun 2005. Pada tahun 2005 Israel menarik diri dari permukiman di Jalur Gaza. Dengan jumlah penduduk saat ini (1,48 juta) semuanya adalah orang Palestina.
  • Pemerintahan: Pada Juni 2007, Hamas mengambil kontrol atas Gaza diikuti peperangan dengan Fatah (keduanya di antaranya adalah pihak Palestina). Sejak itu, Gaza telah di bawah kekuasaan Hamas. Otoritas Nasional Palestina (PNA) dan Presidennya saat ini Mahmoud Abbas tidak memiliki yurisdiksi di sana.
  • Mengapa mereka berperang dengan Israel? Meskipun Israel menarik diri secara fisik dari jalur gaza pada tahun 2005, Palestina tidak mendapatkan kedaulatan atas Gaza. Israel terus mengontrol laut Gaza, udara di atas Gaza, jalan masuk menuju Gaza, dan bahkan bahan bakar dan pasokan listrik di Gaza. Israel menutup dan mematikan Mediterania dari Gaza dan menutup pintu masuk pasokan kesana dari laut atau udara. Satu-satunya yang tersisa telah keluar melalui perbatasan dengan Mesir melalui Sinai. Tetapi perbatasan ini telah ditutup karena Mesir hubungan diplomatik yang erat dengan Israel.
    Makanan, air, obat, bahan bakar, dan listrik dikontrol semua oleh Israel dan datang dari Israel ke Gaza.
  • Blokade: Setelah Hamas mengambil kontrol Gaza pada tahun 2007, Israel sangat membatasi pintu masuk pasokan ke jalur gaza. Sekitar 84% penduduk yang hidup dari bantuan kemanusiaan PBB. Rumah sakit menderita kekurangan obat-obatan dan peralatan yang parah. Air hanya tersedia untuk beberapa jam setiap beberapa hari.
  • Serangan Roket: Pejuang Palestina dari Hamas dan golongan lain saling menembakkan serangan, roket baja bernama Qassam diluncurkan menuju kota-kota Israel selatan terdekat, terutama Sderot. Meskipun jumlah korban dan kehancuran terbatas, roket Qassam menyebabkan teror dan ketidakamanan di antara warga kota Israel yang menjadi target. Israel juga meluncurkan serangan roket terhadap Gaza dari laut dan udara.
  • Gencatan senjata: Pada Juni 2008, Israel dan Hamas memasuki 6 bulan gencatan senjata untuk menghentikan serangan dari kedua belah pihak. Sebagai bagian dari gencatan senjata, Israel sepakat untuk mengangkat blokade di Gaza yang memungkinkan makanan dan obat-obatan memasuki Gaza.
  • Hasil dari gencatan senjata: Pada bulan Oktober yang gencatan senjata mulai rusak. Serangan Israel di Gaza dilanjutkan dan blokade tidak pernah diangkat. Persediaan di Gaza tetap langka dan terbatas. Hamas dan golongan lainnya juga melanggar gencatan senjata dengan meluncurkan serangan roket ke Israel.
  • Peristiwa Konflik: Setelah gencatan senjata berakhir, kekerasan meningkat lagi. Serangan roket mengakibatkan kematian satu warga sipil Israel, dan Israel menambah serangan-nya. Pada tanggal 27 Desember 2008, Israel meluncurkan serangan besar-besaran di Jalur Gaza dan benar-benar menyegel semua perbatasan gaza. Seminggu setelah bom dari udara Israel telah mengakibatkan kerusakan yang menyebar luas dan kematian lebih dari 460 warga Gaza (lebih dari 100 di antaranya adalah perempuan dan anak-anak sipil oleh PBB perkiraan). Angka kematian di antara orang Israel selama minggu itu adalah 4 orang, 3 diantaranya adalah warga sipil.
  • Krisis Kemanusiaan: Sebagian besar dari penduduk Gaza adalah warga sipil tak bersenjata. Gaza tidak memiliki instalasi militer lanjutan. Jadi, sebagian besar bom Israel jatuh pada individu dan di daerah pemukiman. Beberapa bangunan sasaran Israel itu kantor polisi, kementerian, masjid, dan perumahan. Terdapat lebih dari 2000 orang terluka di Gaza tanpa bantuan medis. Banyak warga Gazan telah menemukan rumah mereka hancur dan tidak ada tempat untuk pergi
Perspektif Palestina: Tentu saja semua warga Palestina ingin supaya kekerasan dihentikan. Juga tidak semua warga Palestina atau semua warga Gazan mendukung serangan roket. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, sebagian besar penduduk Gaza adalah warga sipil. Pada saat yang sama Israel telah mengikuti jalan hukuman massa. Israel menyatakan bahwa serangan yang dibuat adalah untuk menghentikan penembakan rocket-roket oleh Hamas di Israel dan untuk mencapai perdamaian. Namun, pembunuhan lebih dari 400 Palestina di Gaza hanya dalam satu minggu tidak akan menggerakkan mereka ke arah perdamaian. Blokade terus menerus tidak akan mengirim pesan yang kuat tentang perdamaian. Kekerasan hanya akan menghasilkan lebih banyak kekerasan.
Saya, serta banyak warga Palestina lainnya, yang tidak membenarkan serangan roket atau kematian warga sipil. Namun, tanggapan Israel sangat dahsyat dan tidak proporsional. Siklus kekerasan ini harus diakhiri.
Apa mungkin lebih mengejutkan dalam situasi ini adalah bahwa seluruh dunia berdiri dan masih menyaksikan warga Gaza dibom dan dibantai. Tidak ada satu negarapun yang segera meminta untuk diadakan gencatan senjata. Tidak ada negara segera membantu krisis kemanusiaan. Dunia berdiri dalam diam ketika 460 orang meninggal dan 2000+ orang terluka dalam 7 hari. Rumah sakit tidak dapat menanggulangi dengan luka dan harus membuat pilihan pada siapa untuk merawat. Bahan bakar mulai melemah, sehingga tidak dapat membuat ambulances semua yang diperlukan perjalanan. Dalam situasi yang semakin parah dan lebih buruk setiap hari.
Berikut ini adalah tombol kecil yang dapat digunakan untuk mendorong orang untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di Gaza. Juga dapat terhubung ke opsional artikel ini jika anda ingin menyebarkan kata.

source: http://www.za3tar.net/2009/01/04/a-simple-guide-to-the-israeli-palestinian-conflict-in-gaza/

Iklan

Filed under: FAQ, , , , , , , ,

One Response

  1. hendra deny candhra berkata:

    serangan israel ke gaza sangat memprihatinkan bahkan yang banyak menjadi korban adalah anak-anak. israel hentikan serangan ini .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 716 hits

Flickr Photos

%d blogger menyukai ini: